Record Detail

No image available for this title

Text

Di Rumah-Mu Kami Berlindung Peranan Masjid dalam Situasi Bencana



Sudah jadi kenyataan yang tak bisa dimungkiri lagi kalau Indonesia adalah negeri yang rawan bencana. Kondisi ini semakin menyadarkan masyarakat Indonesia bahwa hidup mereka dikelilingi oleh ancaman bencana alam yang bisa datang kapan pun dan di mana pun. Buah dari kesadaran ini dapat dilihat dari upaya masyarakat mengerahkan segala kemampuan dan sumber daya yang ada untuk mencegah dan mengangani dampak bencana.
Salah satu sumber daya masyrakat untuk merespon bencana itu adalah masjid. Dalam kapasitas peran dan kecepatan responnya, masjid tidak sekedar diartikan sebagai bangunan fisik belaka, melainkan punya fungsi, apparatus, dan mekanisme sendiri ibarat sebuah komunitas.
Tulisan ini memaparkan peran dan respon masjid dalam situasi bencana. Bagaimana masjid menjadi tempat berjalannya mekanisme sosial “alamiah” suatu masyarakat dalam situasi bencana. Dengan keberadaan tulisan ini diharapkan agar masjid dalam penanganan bencana dapat diperhatikan dan dikembangakan sebagai suatu model tersendiri yang cocok untuk karakter Indonesia. Langkah strategis ini seyogyanya didukung penuh oleh para pemangku kepentingan terkait dengan penanganan bencana sehingga dapat menjadi model penanganan bencana yang bersifat massif dan sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia.



Availability

362 ALI d362 ALI dMy Library (R 74)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
362 ALI d
Publisher Valia Pustaka : Yogyakarta.,
Collation
212 hlm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-19616-1-2
Classification
Kesejahteraan Sosial
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Link Ebook

Other version/related

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Perpustakaan Badan Litbang Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia R.I.

Info selengkapnya