Record Detail

Image of BUKU PEDOMAN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DI INDONESIA DALAM RANGKA PENDIDIKAN INKLUSIF

Text

BUKU PEDOMAN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DI INDONESIA DALAM RANGKA PENDIDIKAN INKLUSIF



Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yang menjamin kelangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Negars berkewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) seperti yang tertuang pada Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan, “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”.
Anak yang memiliki perbedaan kemampuan (difabel) harus disediakan fasilitas pendidikan khusus disesuaikan dengan derajat dan jenis difabelnya yang disebut dengan Sekolah Luar Biasa (SLB). Secara tidak disadari system pendidikan SLB telah membangun tembok eksklusifisme bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Tembok eksklusifisme tersebut selama ini tidak disadari telah menghambat proses saling mengenal antara anak-anak difabel dengan anak-anak non-difabel. Akibatnya dalam interaksi social di masyarakat kelompok difabel menjadi komunitas yang teralienasi (terasing) dari dinamika social di masyarakat. Masyarakat menjadi tidak akrab dengan kehidupan kelompok difabel. Sementara kelompok difabel sendiri merasa keberadaannya bukan menjadi bagian yang integral dari kehidupan masyarakat sekitarnya.
Pendidikan inklusif merupakan sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasi system pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi setiap siswa untuk berpartisipasi penuh dalam pendidikan tanpa diskriminasi dengan prinsip “ Education for all and all situation”.
Tujuan penyusunan buku pedoman ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran bagi aparatur pemerintah, sekolah dan masyarakat luas dalam memahami pemenuhan ha katas pendidikn inklusif di Indonesia dan juga menyediakan informasi bahwa setiap anak berhak sebagai peserta didik yang memperoleh pendidikan yang layak dan bermutu.



Availability

362.7 BAL b (1/2)362.7 BAL bMy Library (R 73)Available
362.7 BAL b (2/2)362.7 BAL bMy Library (R 73)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
362.7 BAL b
Publisher PERCETAKAN POHON CAHAYA : Jakarta.,
Collation
77 HAL
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-9423-58-7
Classification
Anak
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Link Ebook

Other version/related

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Perpustakaan Badan Litbang Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia R.I.

Info selengkapnya