Record Detail

Image of Kompilasi Prosiding Sosialisasi Buku Pedoman Penerapan Restorative Justice dalam Upaya Perlindungan Anak yang Berkonflik dengan Hukum

Text

Kompilasi Prosiding Sosialisasi Buku Pedoman Penerapan Restorative Justice dalam Upaya Perlindungan Anak yang Berkonflik dengan Hukum



Dewasa ini kejahatan yang dilakukan oleh anak mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak anak yang akhirnya harus memasuki proses peradilan pidana untuk menyelesaikan tindak pidana yang dilakukannya. Meskipun anak belum dapat bertanggung jawab secara penuh atas perbuatan, namun ketika anak melakukan kenakalan sampai dengan pelanggaran hukum, anak akan melalui proses pemidanaan dalam sistem peradilan formal.
Dalam penanganan anak yang berkonflik dengan hukum, penerapan pendekatan restorative justice pada sistem peradilan anak diharapkan mampu memberikan perlindungan hak-hak anak. Anak sedapat mungkin tidak menempuh jalur peradilan pidana, anak dapat berintegrasi kembali dalam masyarakat, dan yang paling penting adalah anak mempunyai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang sesuai dengan karakter anak. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.
Pemerintah dalam hal ini Kepolisian, Kejaksaan, Mahkamah Agung, Kementerian Hukum dan HAM RI cq. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dituntut untuk dapat mensosialisasikan restorative justice kepada jajarannya, sebagai cara alternatif (tetapi diutamakan) dalam penyelesaian masalah-masalah yang terkait hal-hal domestik. Mekanisme ini lebih nyata mengedepankan hak-hak korban, menghilangkan rasa malu korban akibat dari kekerasan yang menimpanya serta dapat melindungi nama baik keluarga korban dan keluarga pelaku.
Menindaklanjuti hal tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Hak Asasi Manusia pada tahun 2013 telah menerbitkan Buku Pedoman Penerapan Restorative Justice Dalam Upaya Perlindungan Anak yang Berkonflik dengan Hukum. Mengingat urgensi buku pedoman ini bagi stakeholder, telah dilaksanakan sosialisasi di Provinsi Jawa Barat dan Bali guna menginformasikan buku pedoman yang dapat dijadikan sebagai suatu acuan/panduan teknis penyelenggaraan penanganan perkara dengan pendekatan restorative justice dalam internal lembaga subsistem peradilan yang dapat langsung dipahami petugas di lapangan.



Availability

365 BAL.k 2 (2/2)365 BAL.k 2My LibraryAvailable
365 BAL.k 2 (1/2)365 BAL.k 2My LibraryAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
365 BAL k 2
Publisher PERCETAKAN POHON CAHAYA : Jakarta.,
Collation
115
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-9423-52-5
Classification
PERUNDANG-UNDANGAN
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Link Ebook

Other version/related

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Perpustakaan Badan Litbang Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia R.I.

Info selengkapnya